Dewasa ini, rupanya banyak orang yang sudah bosan dengan jejeran musisi yang memang memiliki background serupa. Hal tersebut mengakibatkan munculnya band-band dari kalangan polisi, TNI, hingga kabinet Kerja Jokowi. Mengusung nama Elek Yo Band atau jika diartikan dari Bahasa Jawa adalah kalau jelek ya biarkan saja, grup musik menteri Jokowi ini mendadak terkenal.

Banyak orang yang menyambut mereka dengan energi positif. Bahkan, stasiun televisi pun menyebutkan bahwa grup musik mereka memiliki masa depan jika dianggap persoalan yang serius. Namun, sebelum menelisik Elek Yo Band lebih jauh, Boombastis.com akan merangkum perjalanan mereka dari awal hingga saat ini dalam ulasan berikut.

Tercetusnya Nama ‘Elek Yo Band’

Banyak yang bilang bahwa Elek Yo Band pertama kali dibentuk karena didapuk sebagai bintang tamu spesial pernikahan anak dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno. Padahal, sebelum itu, nama Elek Yo Band sudah terlebih dulu dicetuskan oleh penggagasnya yaitu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Kala itu, formasi Elek Yo Band masih terdiri atas dirinya, Menteri Kementerian Hukum dan HAM, Yasona Laoli, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Mereka menyanyikan lagu Bento dalam rangka launching Rumah Pilkada dalam acara Rosi di Kompas TV. Awalnya, Rosi menyebut mereka Para Menteri Kabinet Kerja dan Kepala Daerah band, namun Basuki menggantinya dengan Elek Yo Band.

Elek Yo Band Zaman Now

Belum mencapai satu tahun, grup musik ini sudah mengalami regenerasi. Beberapa personel berganti menjadi yang lain. Formasi mereka saat ini adalah Mensesneg, Basuki sebagai drummer, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf sebagai keyboardist, Menteri Kenetagakerjaan (Menaker), Hanif Dhaikir sebagai acoustic guitarist, dan posisi vokal diprakarsai oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, serta Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Mereka membentuk formasi seperti itu dikhususkan untuk acara pernikahan anak Mensesneg beberapa hari lalu. Lagu yang dibawakan pun standar saja, yaitu Bento, Ku Tak Bisa, Balikin, dan Rumah Kita.

Peralihan Menteri Menjadi Anak Band

Menjadi musisi tentu saja tak bisa dilakukan tanpa latihan. Elek Yo Band yang diwakili oleh Menaker Hanif, menyatakan bahwa mereka menyempatkan latihan setelah rapat kabinet selesai. “Ingat enggak waktu rapat kabinet terakhir di Bogor itu? Nah itu kan malam selesainya, habis rapat kita langsung ke studio untuk latihan,” tuturnya dilansir dari Kompas.com

Meskipun Hanif menyatakan bahwa Elek Yo Band ini merupakan hasil keisengan dari para menteri, membentuk grup musik ini juga menjadi sarana berkumpul dan menjaga kekompakan. Hanif pun mengungkapkan Elek Yo Band benar-benar latihan dengan serius meski hanya tampil di kondangan saja.

Banjir Tawaran dan Manajer Termahal

Setelah video Elek Yo Band unjuk gigi beredar viral, banyak pihak yang menghubungi mereka untuk menjadi special guest dalam acaranya, termasuk stasiun televisi. Namun, Menaker Hanif menyatakan bahwa mereka masih menerima job di acara pernikahan saja.

Ia pun mengungkapkan jika ada pihak yang ingin mengundang, maka tarif yang mereka pasang pun akan sangat mahal, karena jika dipatok dengan harga murah, mereka akan lebih banyak manggung bukannya kerja sebagaimana kewajiban mereka. Selain itu, Hanif pun mengungkapkan manajer mereka bukan orang biasa. Pihak yang mengundang harus bisa melewati sang manajer yaitu Presiden Jokowi sendiri.

Dukungan Presiden Jokowi

Rupanya, para menteri ini tidak mendapat hukuman namun malah dukungan dari bos besar mereka. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam rapat kabinet baru-baru ini. “Saya juga mengapresiasi kemarin ada Elek Yo Band, jelek ya biar,” tutup Jokowi pada rapat yang disambut tawa renyah, seperti diwartakan oleh Kompas.com.

Selain pernyataan langsung dari Presiden Jokowi bahwa dirinya sangat mengapresiasi Elek Yo Band, ternyata pada pernikahan anak Mensesneg kemarin, orang nomor satu di Indonesia ini juga request dua lagu yaitu Balikin dan Bento agar dibawakan oleh band yang digawangi oleh para menterinya ini. Presiden kita memang gaul abis, deh!

Itulah sedikit banyak seluk beluk tentang band yang menduduki posisi teratas di Indonesia saat ini. Meski belum ada masa depan yang pasti dari Elek Yo Band, namun kita berharap agar grup musik ini tetap berjalanan sembari pekerjaan di Kementerian masing-masing juga terselesaikan. Presiden Jokowi pun tak sembarangan memilih jajaran di kabinetnya, sehingga para personel Elek Yo Band ini juga sudah dapat dipastikan bisa mengatur pekerjaannya dengan baik.

Mengenal ‘Elek Yo Band,’ Grup Musik Hits Para Menteri Jokowi yang Sedang Kebanjiran Job

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *